Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SOLAR PANEL TENAGA SURYA SOLUSI UNTUK KOLAM KOI




Langsung saja ya koiholic, saya akan sedikit membahas dan membagikan pengalaman saya terkait dengan pemanfaatan Energi Matahari dengan menggunakan solar panel untuk kebutuhan kolam koi kita. sudah sekitar 7 bulan saya memanfaatkan energi matahari / solar panel untuk mengatasi beberapa kebutuhan listrik kolam saya diantaranya adalah

1. untuk menghidupkan pompa air filtrasi kolam
2. untuk pencahayaan/ lighting kolam


Pemanfaatan energi matahari untuk pencahayaan kolam koi

Kedua hal ini mungkin sepele, tapi bagi saya ternyata kebutuhan listrik untuk kolam koi ternyata memerlukan daya listrik yang cukup signifikan dan ujungnya adalah tagihan listrik menjadi sangat tinggi, hal tersebut dikarenakan pompa filtrasi yang cukup besar dan nonstop 24 jam. bagi koiholic yang tidak ada masalah terkait anggaran mungkin ini bukan permasalahan serius, tapi bagi saya ini termasuk hal yang perlu ada solusinya.

Akhirnya saya berikhtiar dengan mencoba untuk memakai solar panel dengan memanfaatkan energy matahari untuk kebutuhan listrik kolam saya. yang sampai saat ini malah tidak hanya untuk kolam tapi untuk penerangan rumah dan halaman.

Banyak yang mengeluh dan menolak menggunakan solar panel ini dengan alasan mahalnya biaya pemasangan. Mungkin hal itu memang benar, namun yang tidak diperhitungkan ialah keuntungan yang didapat setelahnya. Dalam beberapa tahun, biaya yang harus dikeluarkan untuk memasangnya akan terganti dari kecilnya biaya listrik yang harus dibayar setiap bulan. 

Berikut bebrapa kebutuhan untuk pemula dengan pemanfaatan energy surya sebagaimana saya lakukan adalah: 

1. Solar Panel/Panel Surya



Panel surya ini bias kita peroleh dengan mudah ditoko online dengan berbagai merk dan ukuran, saya menggunakan solar panel 2 buah dengan ukuran 100 WP per buah, kisaran harga mulai dari 500 ribu sampai dengan satu juta sesuai dengan merk dari solar panel tersebut, tentunya kawan kawan bias selektif dalam memilihnya.

2. Surya Charger Controller



Solar Charger Controller adalah alat untuk menstabilisasi dan mencharge Accu dari solar panel, alat juga variatif mulai dari harga 150 ribu sampai dengan jutaan, Cuma untuk kawan koiholic untuk kebutuhan kolam cukup menggunakan yang biasa dengan kisaran harga 150 sampai 400 ribu

3. Accu

Accu kita gunakan untuk menyimpan daya dari energy yang dihasilkan oleh solar panel yang nantinya akan kita manfaatkan untuk penerangan dan juga pompa kita.

4. Lampu led

Khusus lampu ini kawan kawan bisa menggunakan LED yang daya wattnya kecil agar bisa awat dan hanya untuk mempercantik kolam saja, tapi kalau solar panel kita banyak memang bisa kita pakai sesuai dengan kebutuhan kita

5. Pompa DC



Pompa DC ini banyak dijual di pasar online, saya menggunakan pompa dc seharga 200 ribuan, dan cukup membantu untuk filtrasi kolam saya pada waktu siang hari

Demikian koiholic semuanya, untuk pemasangannya cukup simple kawan kawan bisa banyak membaca tutorial terkait pemasangan solar panel ini.

 semoga bermanfaat ya

IKIKOIKU

Post a Comment for "SOLAR PANEL TENAGA SURYA SOLUSI UNTUK KOLAM KOI"

IKIKOIKU ON YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UC55k8iZo-KeO1lu5UfJ-q0Q