Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SKIMMER, FUNGSINYA DALAM FILTER AIR KOLAM IKAN KOI




Koiholic sudahkah memahami dengan baik pentingnya skimmer dalam proses filter kolam ikan koi kita? Kali ini kita akan bahas khusus mengenai skimmer kolam ikan koi. Skimmer untuk kolam ikan koi baik outdoor maupun kolam ikan koi indoor adalah peralatan yang harus ada dalam membuat kolam koi yang standar. Skimmer memiliki fungsi untuk menyerap debu, lendir ikan koi, kotoran yang melayang dipermukan atau daun-daun yang jatuh ke kolam. Dengan keberadaan skimmer, kolam akan terlihat lebih bersih dan jernih sehingga kolam menjadi enak untuk dinikmati dan dipandang.

Skimmer ditempatkan dimana saja dipermukaan air kolam dan jumlahnya bervariasi tergantung luas kolamnya, pemilihan jenis skimer harus menyesuaikan dengan sampah/kotoran yang ada, misalnya kolam yang banyak sampah dedaunan akan berbeda dengan skimmer yang hanya menyaring debu dan kotoran kecil.



Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasang skimmer di kolam,

1. Penempatan Skimmer

Tergantung dari disain kolam, skimmer dapat ditempatkan dimana saja selama dapat menimbulkan aliran arus yang menarik kotoran kedalam skimmer. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah letak posisi skimmer harus berada dalam jangkauan kita dengan maksud untuk mempermudah pada waktu membersihkan.

2. Menentukan Type Skimmer

Tergantung dengan kotoran yang ada dikolam, jika kolam outdoor dan kotoran banyak terdiri dari dedaunan sebaiknya dilengkapi dengan trap sehingga tidak masuk kedalam skimmer yang pada akhirnya bisa menyumbat filter kolam. Utuk kolam indoor bisa dipilih yang levih rapat yang biasanya hanya diperuntukkan untuk membuang lendir ikan koi yang bisa berbahaya untuk kesehatan ikan koi iti sendiri. Type skimmerpun harus memperhatikan ukuran dari ikan yang ada jangan sampai ada ikan yang tersedot kedalam.





3. Ukuran Pompa

Seperti halnya bottom drain yang sudah saya jelaskan di posting sebelumnya skimmer harus memiliki kemampuan menghisap kotoran. Untuk itu diperlukan pompa, skimmer yang sudah didisain dari awal biasanya pipanya sudah digabung dengan pipa bottom drain sehingga menghemat jumlah pompa namun diperlukan pompa yang lebih besar. Untuk kolam lama yang belum tersedia instalasi skimmer dapat dibasang dengan menggunakan pompa terpisah.

 
 Demikian, semoga bermanfaat.

ikikoiku

Post a Comment for "SKIMMER, FUNGSINYA DALAM FILTER AIR KOLAM IKAN KOI"

IKIKOIKU ON YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UC55k8iZo-KeO1lu5UfJ-q0Q