Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PENYEBAB IKAN KOI MATI SE KOLAM


Beberapa penghobi koi mungkin pernah mengalami ikan koi kesayangannya di kolam yang tiba tiba tanpa disadari mati mendadak. Namun sebenarnya kematian tersebut pasti ada sebabnya. Sebab sebab ikan koi mati mendadak diantarnya adalah :
1. Salah obat/Pestisida
Pestisida merupakan zat kimia yang bisa menyebabkan kematian pada ikan koi. Jika kolam ikan anda dialiri air dari selokan tentu pestisida bisa masuk kesana dengan mudah. Air hujan yang masuk ke kolam dari genting dan luapan dari selokan memungkinkan masuknya pestisida mematikan ke kolam ikan koi anda. Pestisida juga bisa masuk melalui peralatan kolam, makanan dan tangan manusia. Untuk mencegah kematian koi karena pestisida ini pastikan tidak ada akses masuk pestisida ke kolam koi.
foto @ratu aquatic

2. Virus Dan Bakteri
Virus dan bakteri merupakan pembunuh ikan koi yang cukup mematikan dan kehadirannya pada kolam koi sangat mungkin terjadi. Namun dengan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh yang baik, ikan koi akan tahan terhadap serangan bakteri dan virus. Untuk mencegah serangan virus dan bakteri mematikan pada ikan koi langkah yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan dan kualitas air kolam. Hindarkan juga berbagai benda yang bisa melukai ikan koi, misalkan batu-batu tajam, dinding dan dasar kolam yang tajam yang bisa membuat koi terluka. Luka akan memicu infeksi oleh bakteri yang berakibat pada kematian ikan koi.

3. Ikan Koi Melompat
Kematian yang sering dialami ikan koi saat awal-awal masuk ke kolam baru adalah melompat keluar air. Jika terlambat diketahui tentu akan membuat koi mati karena terlalu lama di daratan. Selain itu saat melompat kemungkinan ikan koi akan terluka dan berlanjut pada infeksi yang menyebabkan kematian. Ikan koi melompat juga bisa karena ikan berkejaran, kawin, berebut makanan atau permukaan air terlalu tinggi. Solusi untuk mengatasi ikan koi melompat adalah membuat permukaan air yang jauh dari bibir kolam sehingga jika melompat akan jatuh kembali ke air. Cara lain adalah dengan memasang pelindung berupa jaring paranet.

4. Ikan Kekurangan Oksigen
Ikan koi sagat sensitif terhadap kebutuhan oksigen, kekurangan oksigen pada kolam sangat mungkin membuat ikan koi mati. Ikan koi memerlukan kadar oksigen tertentu pada kolam. Untuk menghindari kematian ikan koi karena kekurangan oksigen pastikan kolam anda cukup oksigen dengan berbagai cara misalnya memberikan aerator, air terjun, air mancur dan lain sebagainya.
5. Dimakan Predator
Predator pada ikan koi bisa bermacam-macam, di alam bebas atau kolam lumpur bisa dimakan ular, linsang,burung dan lain sebagainya. Ikan koi di kolam rumah bisa dimakan kucing atau hewan peliharaan lainnya.

6. Ulcer
Ini adalah penyakit pada ikan koi yang cukup sulit untuk ditanggulangi. Biasanya Ulcer merupakan penyebab ikan koi yang mati karena kondisi air kolam yang buruk. Lebih detail mengenai penyakit  Ulcer bisa dilihat di sini.

7. Parasit Pada Ikan Koi
Ikan koi juga bisa terjangkit parasit pada tubuhnya misalnya saja kutu air atau kutu Jangkar. Parasit pada koi menjadi penyebab kematian ikan koi secara perlahan-lahan. Parasit pada koi akan menyebabkan luka dan bisa infeksi sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan kematian koi. 
sumber fb @machan

1 comment for "PENYEBAB IKAN KOI MATI SE KOLAM"

  1. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:


    Mahakaushal University in Jabalpur

    YBN University in Ranchi

    Manipal University Jaipur

    Swami Vivekanand University in Sagar

    ReplyDelete

IKIKOIKU ON YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UC55k8iZo-KeO1lu5UfJ-q0Q