JENIS FILTER / FILTRASI KOLAM KOI


Saat ini kita akan sharing bersama tentang apaa itu filter /filtrasi kolam ikan koi.  Kolam koi memang membutuhkan perhatian khusus untuk filtrasinya, karena kesehatan dan kenyamanan koi tergantung erat dengan sistem filtrasi kolam yang kita buat. Secara fungsi filter kolam dapat dibagi beberapa jenis yang pada umumnya diletakan pada chamber atau bak terpisah, antara lain:

1. Filter Mekanis
Secara fungsi filter ini adalah menyaring partikel-partikel padat seperti kotoran ikan, sisa pakan Dan lain lain. Media yang diperlukan berupa screen (saringan), mat atau sponge atau sikat (brush)

2. Filter Biologi
Fungsi dari filter ini adalah  mengurai zat Amonia yang berasal dari kotoran ikan dan sisa pakan yang berbahaya untuk kelangsungan hidup ikan menjadi Nitrat (NO3) yang tidak berbahaya dan bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman air.
Media Yang dibutuhkan adalah Bio Ball, Bioring, susunan Japmat, Batu Apung, Lavarock, dan lainnya yang memiliki bidang permukaan luas sebagai tempat hidup bakteri Nitrosomonas dan Nitrobacter yang berperan dalam proses penguraian.

3. Filter Kimia
Fungsi dari filter ini adalah untuk menyaring materi yang tidak bisa disaring secara mekanis dan biologis. Media yang dibutuhkan dapat menggunakan satu atau lebih media dibawah ini,
a. Batu Zeolith (mengikat Nitrit yang masih tersisa)
b. Carbon Active (Menyerap bau atau warna)
c. Kulit Kerang atau Karang Jahe(sebagai PH buffer)

4. Filter Khusus
Fungsi dari filter ini adalah diperuntukan untuk menyaring material/senyawa tertentu. Contohnya adalah filter UV (untuk menjernihkan dan sterilisasi air)

Dari beberapa jenis filter diatas filter biologi mempunyai peran terpenting, 90% keberhasilan sistem filtrasi kolam ditentukan oleh efektifitas filter biologi, sehingga filter biologi memiliki volume chamber lebih besar dari chamber filter lainnya.

No comments for "JENIS FILTER / FILTRASI KOLAM KOI"