Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK DAYA TAHAN IKAN KOI


Daun pepaya merupakan salah satu cara untuk menstabilkan pH air di dalam kolam ikan, daun pepaya dapat digunakan menjadi sebuah obat herbal bagi ikan, teritama pada ikan koi yang sakit dan stress akibat ganggunag tertentu terlebih pada musim hujan. pada musim hujan biasanya kondisi pH air di kolam semakin menurun dan suhu air yang tinggi. hal itu akan menyebabkan ikan akan stress dengan ditandai dengan ikan akan muncul dan naik berdiri ke permukaan kolam kemudian mati.

Beberapa manfaat daun pepaya untuk ikan koi adalah sebagai berikut :

  1. Daun pepaya sebagai obat untuk penghilang stress bagi benih ikan koi yang baru masuk ke kolam dengan menumbuk / menggiling daun pepaya sampai halus dan mengeluarkan air, kemudian tebarkan hasil gilingan yang telah halus tadi ke dalam kolam sebagai obat untuk penghilang stress.   
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh daya tahan pada ikan koi. Daun  pepaya dapat sebagai pakan alami yg sanggup menambah daya tahan tubuh atau imunitas bagi tubh ikan koi.biasanya ini adalah untuk pencegahan dari penyakit Tumbuk / giling daun pepaya sampai halus dan mengeluarkan air, kemudian tebarkan hasil gilingan yang telah halus tadi ke dalam kolam
  3. Daun pepaya bermanfaat untuk sterilisasi air kolam berdasarkan penyakit bibit koi yang baru dimasukkan ke dalam kolam perlu adanya adaptasi dengan kondisi air dan terbebas dari beragam penyakit ikan. Untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kerugian akibat banyak koi yang mati saat penebaran bibit atau saat pembesaran dan pemeliharaan, maka kolam yang akan di gunakan perlu di strerilkan terlebih dahulu dengan cara menggunakan daun pepaya  di tumbuk / giling halus terlebih dahulu, kemudian tebarkan ke seluruh kolam ikan koi dengan perbandingan 1 genggam untuk 1 meter persegi. Dengan demikian maka kolam ikan terbebas dari berbagai penyakit.
  4. Obat herbal untuk  ikan koi. Manfaat daun pepaya bagi koi juga bisa buat menghilangkan dan mengobati penyakit ikan koi seperti aeromonas, jamur ikan dan cacing pada pencvernaan ikan. Caranya yaitu dengan mencincang atau memotong halus daun pepaya dan menambahkan garam, aduk secara merata dan diamkan selama beberapa menit, kemudian tebarkan kedalam kolam ikan koi.
Demikian beberapa manfaat dan cara penggunaan daun pepaya untuk budidaya ikan ikan koi. semoga bermanfaat



Post a Comment for "MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK DAYA TAHAN IKAN KOI"

IKIKOIKU ON YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UC55k8iZo-KeO1lu5UfJ-q0Q