Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PENTINGNYA VENTURI KOLAM KOI DAN CARA MEMBUAT YANG MURAH PRAKTIS SERTA EFISIEN

venturi sederhana dari bahan yang ada disekitar kita

Memelihara ikan koi adalah sama dengan memelihara  kwalitas air kolam. Salah satu komponen terciptanya kwalitas air kolam yang baik adalah terpenuhinya oksigen terlarut didalam kolam. Oksigen begitu penting terkait dengan metabolisme ikan koi. Nah kali ini kita akan membahas salah satu hal yang penting untuk kita ketahui yaitu venturi. Venturi adalah sebuah media yang menghasilkan gelembung udara akibat adanya tekanan air yang melalui jalur yang menyempit. Venturi ini sangat penting dan sangat mudah untuk kita buat sendiri. Pentingnya venturi  karena memiliki dua fungsi utama yang dibutuhkan saat kita memelihara ikan koi. Dua hal penting tersebut adalah :

a. Venturi bisa menghasilkan gelembung udara (oksigen) untuk memberikan suplai kedalam air yang ada di kolam. Sehingga kolam tidak hanya mengandalkan air terjun yang dibuat khusus dan juga tidak memerlukan mesin aerator tersendiri. Namun bisa juga venturi ini dibuat khusus menggunakan pompa air kolam.

b. Venturi kelebihan yang lain adalah dia bisa menciptakan arus, kalo aerator biasa hanya menghasilkan gelembung oksigen saja tapi kalau venturi memberikan efek ganda selain oksigen juga menghasilkan arus yang menjadi kegemaran ikan koi kita

Lalu apakah kita perlu membeli pompa? berapa biaya dan listrik yang harus kita berikan kedalam kolam. Memang ketika kita menambahkan aerator baru untuk mencukupi suplay oksigen ke kolam maka akan membengkak juga anggaran yang kita keluarkan. Namun dengan Venturi kita juga bisa lebih irit yaitu dengan mengandalkan pompa kolam kita dengan cara membagi arus menjadi dua, yang pertama ke air terjun dan yang kedua ke venturi. dengan cara ini akan sedikit mengurangi daya listrik dan anggaran kita. 

Sedangjan untuk membuat venturi sangatlah sederhana dimana kawan-kawan bisa saksikan vide di bawah ini.



Post a Comment for "PENTINGNYA VENTURI KOLAM KOI DAN CARA MEMBUAT YANG MURAH PRAKTIS SERTA EFISIEN"

IKIKOIKU ON YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UC55k8iZo-KeO1lu5UfJ-q0Q