Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Goshiki, Ikan Koi Khusus Penghobi


Goshiki merupakan jenis ikan koi yang unik, ikan koi ini bukan termasuk kategori Gosanke yang menjadi jenis ikan yang wajib terdapat di kolam ikan koi kita, Namun bagi penghobi yang sudah minded, jenis ikan ini malah menjadi ikan koi utama pilihan. Kenapa demikian?


Goshiki adalah Koi jenis Asagi yang mempunyai pattern lima warna, yakni hitam, merah, putih, biru dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkalwinan silang antara Kohaku dan Asagi. Dengan demikian salah satu teknik memilih tosai gosihiki adalah pilih yang memiliki pola kohaku, dimana pola dasar asagi nya biasanya akan berkembangan belakangan setelah beberapa tahun. Selain yang sisik, goshiki juga ada yang doitsu walaupun jarang.



Pada dasarnya, goshiki dibagi dalam 2 kelompok, kuro goshiki dan modern/kindai goshiki. Namun jika di kembangkan lebih jauh, ada 6 jenis goshiki ( 4 jenis kuro dan 2 jenis modern /Kindai ).  Masing masing adalah Goshiki Sushui ( Non metallic doitsu blue goshiki), Goshiki sanke (pola sanke dengan kecenderungan sisik menyerupai goromo, yang terlihat di atas warna hi atau white atau kedua duanya), Goshiki showa (adalah merupakan goshiki sanke dengan pola showa), Tancho Goshiki dan Kin Gin Rin.

Cuma yang perlu diperhatikan dalam memelihara goshiki adalah temperature air, dimana warna dan pola goshiki akan berubah dengan perubahan temperature air. Merah menyala pada warna goshiki adalah sebagai akibat kombinasi dari warna merah diatas pigmen biru kehitaman dari pola dasar asagi. Pada temperature di atas 24 derajat cescius, goshiki akan cenderung mengalami perubahan warna dan pola jadi mirip kohaku. Temperatur yang ideal untuk goshiki sebaiknya antara 18-22 derajat. Untuk itu, beberapa hobbis bahkan harus menggunakan chiller khusus untuk dapat menjaga suhu air di bawah 22 derajat demi mendapatkan hasil yang maksium untuk keindahan goshiki.




 

Post a Comment for "Goshiki, Ikan Koi Khusus Penghobi"

IKIKOIKU ON YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UC55k8iZo-KeO1lu5UfJ-q0Q