BOTTOM DRAIN




Koiholic dimanapun berada, sedikit akan kita kupas terkait dengan pembuatan filtrasi kolam koi yaitu bottom drai. Bottom drain adalah titik pembuangan didasar kolam yang berfungsi tidak hanya untuk menguras kolam tetapi juga menghisap kotoran yang berada didasar kolam untuk masuk kedalam filter.



Penempatan Bottom Drain harus diletakan sedemikian rupa pada elevasi terendah didasar kolam dengan memperhatikan juga posisi air bersih masuk (Effluent) agar proses sirkulasi terjadi dan tidak ada titik/daerah mati dimana air dan kotoran tidak dapat tersirkulasi dengan baik yg bisa berakibat menjadi tempat timbulnya penyakit.

Botom Drain biasanya diberi tutup yang dimaksudkan untuk menjaga ikan tidak terhisap kedalam pipa Bottom Drain, adapula yang dilengkapi air diffuser yang berfungsi untuk aerasi kolam dan membentuk arus yang menambah effektifitas pengisapan Bottom Drain. Ukuran pipa Bottom Drain juga harus diperhitungkan jika terlalu kecil akan mengakibatkan air didalam filter tekor sehingga filter bekerja tidak optimal, sebaliknya jika ukuran pipa terlalu besar daya hisap Bottom Drain lemah sehingga kotoran tidak dapat terserap dengan sempurna. 



Ukuran pipa Bottom Drain biasanya disesuaikan dengan debit air yang disirkulasikan atau dengan kata lain tergantung kapasitas pompa yang digunakan. Untuk perbandingan ukuran pipa dan kapasitas pompa bisa dicek di artikel lain ya.

Semoga bermanfaat buat sobat semua ya

ikikoiku

No comments for "BOTTOM DRAIN"