Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENYEBAB IKAN KOI MENJADI LIAR DAN TIDAK JINAK YANG HARUS DIHINDARI


Ikan koi pada dasarnya adalah ikan hias yang sangat dekat dengan manusia. Kedekatan tersebut biasanya terlihat bagaimana ikan koi mudah jinak dang sangat bersahabat dengan manusia, tidak takut apabila ada yang mendekatinya bahkan bisa bermanja-manja saat tangan kita terulur kedalam kolam. Diantara kita koiholic tentunya selalu mengharapkan bahwa ikan koi yang kita pelihara menjadi jinak dan tidak liar, namun kenyataannya masih ada saja ikan koi peliharaan kita yang liar dan susah untuk menjadi jinak. Liarnya ikan koi memang menjadi momok bagi para penghobi koi. Sebagus apapun ikan koi seandainya masih liar maka akan menghilangkan rasa mood kita saat menikmati ikan koi tersebut.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa ikan koi kita menjadi liar. takut dan berlari menjauh saat kita mendekat ke arah kolam, beberapa faktor penyebabnya adalah:

1. Penghobi koi tidak memeliharanya semenjak masih kecil/benih

Banyak penghoby yang memiliki ikan koi namun tidak memulainya semenjak kecil, inginnya langsung membeli ikan yang sudah besar. Akan beruntung seandainya membeli besar tapi ikan koi yang sudah jinak. Namun kebanyakan koi yang besar, proses pembesarannya berada dikolam besar dan masih liar sehingga saat dipanen dan dijual kondisi ikan koi masih labil dan liar. 

2. Ikan koi jarang berinteraksi langsung dengan manusia

Interaksi yang kurang intensif dengan ikan koi akan membuat ikan menjadi tidak nyaman. Saat kita berada dikolam ikan koi menganggap kita sebagai ancaman sehingga cenderung bersembunyi dan menjauh saat kedatangan manusia disekitar kolam

3. Tidak membiasakan memberi pakan dengan hand feeding

Pemberian pakan hanya dengan melempar sangat tidak dianjurkan bagi para penghoby ikan koi. Karena akan mempengaruhi insting ikan menjadi tidak familiar dengan keberadaan penghoby itu sendiri. Agar koi menjadi jinak membiasakan pemberian pakan dengan hand feeding menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh penghoby

4. Ikan koi takut dengan kejutan-kejutan yang membahayakan

Jangan membiasakan melakukan tidakan yang mengejutkan bagi koi, karena akan memberikan efek trauma dan stress bagi ikan. Tindakan tersebut seperti membawa serok/ jaring ikan, menggertak ikan dikolam bahkan juga dengan mengobok-obok kolam yang menyebabkan ikan koi menjadi takut. ini akan menjadikan ikan koi trauma.

5. Kepadatan/ populasi ikan koi yang terlalu penuh

Kolam yang padat cenderung membuat ikan koi berebut saat kita kasih pakan. Sehingga beberapa ikan koi bisa menjadi liar karena berada dalam iklim yang tidak tenang akibat berebut pakan.

Demikian beberapa faktor penyebab ikan koi menjadi liar. Namun bagi penghobi tidak perlu khawatir apabila ikan koinya masih liar. Karena cepat sekali sebenarnya ikan koi kita menjadi jinak. Hindari lima hal tersebut dan lakukan sebaliknya. Maka ikan koi kesayangan kita akan cepat menjadi jinak

Post a Comment for "PENYEBAB IKAN KOI MENJADI LIAR DAN TIDAK JINAK YANG HARUS DIHINDARI"