Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PENYEBAB IKAN KOI MELOMPAT DAN SOLUSINYA






Koiholic pasti pernah mengalami ikan koi kesayangan kita melompat, kadang kita meremehkan dan berasumsi bahwa ikan melompat adalah hal yang biasa, mending kalo melompatnya masih di area air kolam, tapi sangat berbahaya apabila sampai melompat keluar kolam. Padahal kita kan ga selalu stand by di didekat kolam ikan koi kita. Dan tentunya ketika ikan koi kita melompat keluar kolam dan kita tidak mengetahuinya, pastinya ikan koi tersebut akan mati.

Berikut kita akan sharing beberapa faktor penyebab ikan koi melompat:
  • Terdapat kutu di tubuh ikan koi 
  • Ciri-ciri ikan koi yang terkena kutu biasanya akan menggesekkan tubuhnya ke dinding kolam 
  • Perubahan kondisi air yang signifikan 
  • Adaptasi dengan kolam baru 
  • Kwalitas air kolam yang buruk 
  • Amoniak terlalu tinggi 
Cara mengatasi agar ikan koi kita tidak melompat keluar kolam ketika kita sudah mendeteksi kemungkinan penyebab tersebut diatas yang harus kita lakukan adalah:
  1. Apabila ikan koi kita terkena kutu maka sebaiknya kita merendam kolam memakai kutu blas atau kita cek ikan satu persatu untuk kita pastikan kutu yang terdapat pada kulit ikan tidak berkembang biak atau bisa memakai predator alami kutu yaitu ikan sumatra dan manfish 
  2. Jangan pernah kita mengganti air kolam secara total, karena akan mengganggu kenyamanan ikan koi kita, ikan koi akan melakukan adaptasi baru sehingga saat melakukan adaptasi tersebut bisa melompat salah satunya. Saat menguras kolam ikan koi sebaiknya sisakan air ½ dari volume kolam 
  3. Untuk ikan koi yang baru jangan langsung dimasukkan ke dalam kolam, harus karantina ikan dahulu sebelum memasukkan ikan ke kolam ikan koi kita, sebelum memasukkan ke dalam kolam harus dipastikan kesehatannya dan adaptasikan dulu ikan koi baru sekitar 15 sampai 30 menit dengan suhu air kolam. 
  4. Kwalitas air yang buruk sangat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan ikan koi, pastikan filter dan kwalitas air benar benar baik dengan cara membersihkan filter kolam koi kita. 
  5. Jangan memberikan pakan koi secara berlebihan, ingat bahwa factor kematian koi bukan karena “kurang pakan” tapi karena “kelebihan pakan” 

Semoga bermanfaat

ikikoiku

Post a Comment for "PENYEBAB IKAN KOI MELOMPAT DAN SOLUSINYA"

IKIKOIKU ON YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UC55k8iZo-KeO1lu5UfJ-q0Q