Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SOLUSI KOLAM KOI SAAT MATI LISTRIK

Pada saat mati listik, entah itu karena perbaikan jaringan, pemadaman PLN, bencana, atau kerusakan jaringan listrik maka tentunya akan menjadi masalah yang besar bagi kawan kawan koiholic, mengapa demikian? karena pertaruhan hidup mati ikan koi kesayangan. Koi adalah ikan yang lebutuhan suplay oksigen sangat tinggi, dan suplay oksigen terlarut dalam kolam biasanya dihasilkan oleh adanya sirkulasi air yang digerakkan oleh pompa air dan juga aerator buatan yang tentunya semuanya membutuhkan suplay daya listrik. Nah saat listrik padam inilah awal petaka bisa terjadi, kecuali kawan kawan sudah mempersiapkan sejak awal apabila ada pemadaman listrik.
Kira-kira apa yang perlu kita siapkan untuk mengjadapi persoalan tersebut? Jangan risau, ada beberapa hal yang bisa kawan kaean siapkan yaitu

1. Menyediakan Aerator baik AC maupun AC/DC yang dapat menyimpan daya listrik saat listrik kita mati, kalau yang AC saja tetap bisa dipakai asal ada suplay listrik baik dari Genset, energi surya atau memiliki cadangan accu.
Ada alat arrator yang sekarang sudah dirancang apabila listrik mati ia akan tetap menyala dengan mengalihkan suplay listriknya dari simpanan yang ada di accu.


2. Menyediakan Genset
Genset ini tetap menjadi salah satu kewaspadaan bagi pemelihara ikan koi, dengan mrmiliki getset maka saat mati listrik sudah langsung bisa beerfungsi aeratornya.
3. Menyediakan batrei/accu dan inverter
Solusi ini tampak agak ekstrim, namun ini adalah solusi yang bisa dipakai dengam tetap menmfungsikan aerator dc nya
4. Siapkan UPS
Ups adalah solusi juga, namun ups biasanya akan cepat habis batrei yang ada karena ups akan tetap mengeluarkan daya listrik AC. Meski kurang efektif namun UPS ini tetap salah satu solusi untuk dipersiapkan.
5. Mencoba memulai dengan Memanfaatkan Solar Panel.
Keberadaan solar panel menurut pengalaman saya sangatlah efektif, karena ketika kita menggunakan rangkain solar panel maka beberapa kebutuhan listrik akan terpenuhi sesuai dengan berapa jumlah solar panel kita. Dan ketika ada listrik mati kita masih bisa menghasilkan gelembung oksigen melalui aerator DC kita menggunakan suplay listrik dari tenaga Surya.

Demikian semoga bermanfaat ya

Ikikoiku Koiholic

Post a Comment for "SOLUSI KOLAM KOI SAAT MATI LISTRIK"

IKIKOIKU ON YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UC55k8iZo-KeO1lu5UfJ-q0Q