RESEP KOLAM KOI JERNIH DAN CLING

Resep membuat kolam koi supaya tetap jernih sudah banyak diterapkan oleh koiholic kawakan. Hasilnya, memang bagus, air bisa tetap jernih dan kesehatan ikan-ikan koi tetap terjaga. Kuncinya hanya satu yakni pada sistem filter yang harus berfungsi dengan baik. 
Perlu pemakaian chamber yang cukup banyak, yaitu chamber yang bisa menampung air minimal sebanyak 30-40% dari total keseluruhan kapasitas volume air kolam.

Kendala yang dihadapi saat memiliki kolam koi outdoor yaitu kehadiran alga yang bisa mengganggu ekosistem kolam. Memang, di satu sisi, alga bisa menjadi pakan alami ikan-ikan koi, tapi pertumbuhannya yang relatif cepat bisa menimbulkan banyak masalah bagi kolam itu sendiri.
Kolam koi outdoor mendapatkan langsung terpaan air hujan dan debu yang bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi ikan-ikan koi.
Untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul pada kolam koi outdoor, perlu pemasangan perangkat yang memadai supaya perairan kolam tetap sehat. 

1Kapasitas filter yang dibuat minimal mampu menampung air sebanyak 30% dari total keseluruhan volume air kolam. Lebih amannya, 50% supaya air kolam terjamin jernih dan sesuai untuk kehidupan ikan-ikan koi. Karena efek air hujan bisa sangat diminimalisir. Konsekuensinya, pada sistem filternya dibuat banyak chamber sejumlah minimal 4 sampai 6 buah.
Air akan masuk ke dalam filter mekanis yang dilengkapi dengan sikat-sikat yang berjarak 10 cm. Selanjutnya, air masuk ke dalam chamber berikutnya yang berisi sikat-sikat dengan jarak yang lebih rapat. Chamber selanjutnya untuk mengendapkan air yang berisi bioball.

Dari kotak chamber ini dibuat 2 saluran air yang menuju trikle dan tabung trikleTrikle ini adalah sebuah kotak aluminium berukuran 1 m x 2 m x 0,5 m yang tersusun 4 tingkat. Air dari chamber bioball dipompa dan dijatuhkan pada kotak trikle paling atas. Air ini kemudian tumpah melewati ruang trikle yang berisi bioball dan filter mat. Air ini sudah bebas dari amonia dan kandungan oksigen terlarutnya tinggi.

Air dalam chamber yang berisi bioball masuk kedalam tabung. Di dalam tabung ini, ammonia akan teruarai menjadi nitrat sebelum masuk ke dalam kolam. Tabung trikle dilengkapi dengan katup backwash yang berfungsi untuk membuang sisa-sisa air yang mengandung gas H2S.

Cara membuat kolam koi outdoor di atas belum terbebas sama sekali dengan ancaman penyakit. Pasalnya, air hujan bisa membawa bibit-bibit penyakit. Air hujan juga bisa membuat perubahan pH secara drastis sehingga berakibat pada pH crash. Akibat terburuknya bisa menyebabkan kematian massal ikan-ikan. Oleh karena itu sangat disarankan, kapasitas air kolam sebaiknya lebih dari 1 ton.

Pemakaian obat-obatan masih mutlak dipakai untuk kolam koi outdoor ini. Untuk pencegahan, beri Dinilin dengan dosis 1 ml per 1 ton air tiap 3 bulan. Beri obat Mazote yang biasa dipakai di mat pond seperti pada kolam-kolam koi di Jepang. Obat-obatan tersebut untuk menghindari serangan kutu jarum, jamur dan argulus.
Cara membuat kolam koi outdoor tetap jernih di atas sudah banyak dipraktekkan koiholic  yang tinggal di beberaoa tempat di Indonesia. Terbukti ikan-ikan koi yang dipelihara sehat-sehat dan air kolam tetap jernih

Semoga bermanfaat

@ikikoiku

No comments for "RESEP KOLAM KOI JERNIH DAN CLING"