Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

BERAWAL DARI HOBI, OM SAIFUL SUKSES JALANKAN BISNIS IKAN KOI




Berawal dari hobi, Om Saiful, pria kelahiran asli Tulunggagung ini sukses jalankan bisnis budidaya ikan koi. Dia mengungkapkan, berawal dari hobi, dirinya mengembangkan menjadi bisnis yang dimulai sekitar tahun 2009. Karena semakin menarik ditahun 2013 beliau mulai fokus menggeluti bisnis ini.
"Ya saya memang hobi pelihara ikan koi, dari segi bentuk dan warna yang menarik. Lama-kelamaan saya ingin lebih dari sekadar hobi, kemudian saya buat bisnis," ujarnya.

 
Dengan banyak berbagai warna dan motif yang indah, ikan koi banyak diminati berbagai kalangan.
"Ikan koi sekarang mulai banyak diminati terutama di Bali, walaupun tidak sebanyak di Jawa. Sistem pemasaran kita lebih mudah sekarang menggunakan medsos dan dari mulut ke mulut," katanya.


"Kalau dari penghasilan sendiri lumayan, karena kita mulai dari nol. Saling mendukung satu sama lain sesama pebisnis. Penghasilan setiap bulan sih relatif, jadi nggak masalah kalau hasil penjualannya banyak atau sedikit, soalnya kita ini hobi nggak serta merta bisnis. harus sabar, kadang juga cukup kadang juga lebih dari cukup bahkan bisa buat naik haji," tambahnya sambil tertawa lebar.

"Jika ingin berbisnis ikan koi ya harus berawal dari hobi dulu. Kalau kendala pasti ada untuk pemula. Berbagai macam kendala mulai dari segi perawatan, karantina, ada memberi makan. Semua ada prosedur yang dilakukan untuk memelihara. Apalagi kalau kena penyakit ikanya, wah susah. Sampai sekarang pun kita masih belajar," ujarnya

 

Sampai saat ini Om Saiful sudah memiliki tempat budidaya sekitar 10 kolam dengan ukuran 10mx10m persegi. Sebuah tempat yang cukup luas untuk budidaya ikan. Penjualannya hingga saat ini sudah sampai banyak kota di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Solo, Surabaya, Semarang bahkan sampai luar Pulau Jawa seperti makassar, Samarinda dan Banjarmasin.


Bagi kawan koiholic yang tertarik dengan ikan koi hasil budidaya Om Saiful bisa langsung ke Rumah beliau di Bendiljati kulon RT 01/RW 02, Sumbergempol Tulungagung atau bisa juga kontak WA 085707604043. Kalau sobat kesana dijamin kopi hitam khas Tulungagung menanti he he sebagaimana Tim dari Ikikoiku berkunjung ke lokasi.

Post a Comment for "BERAWAL DARI HOBI, OM SAIFUL SUKSES JALANKAN BISNIS IKAN KOI"

IKIKOIKU ON YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UC55k8iZo-KeO1lu5UfJ-q0Q