5 TIPS MEMILIH POMPA KOLAM IKAN KOI


Pompa kolam ikan koi menjadi hal utama dalam memelihara ikan koi, karena sebagai kebutuhan filter dalam menjaga kwalitas air. Untuk memilih pompa kolam ikan koi terbaik tentunya kita harus melihat beberapa faktor yang ada dan menyesuaikan dengan kebutuhan kolam kita.

Dipasaran ditawarkan berbagai jenis pompa kolam,berikut ini cara memilih pompa kolam ikan koi dengan tepat. kita lihat tips dan pertimbangan berikut ini :

1. Memperhatikan tipe Filter kolam 

Filter merupakan alat yang menjaga kwalitas air dalam kolam ikan dan juga sebagai penjaga ketersedian kandungan oksigen terlarut kolam. Untuk memilih jenis pompa kolam ikan koi dan ukuran filter bergantung pada ukuran dan bentuk dari kolam ikan koi kita. Ada setidaknya dua jenis pompa untuk filter di pasaran yaitu mesin pompa air celup dan pompa air luar kolam.

Jenis yang paling mudah didapatkan di pasaran serta mudah dalam pemasangan nya adalah pompa air celup, namun memiliki kelemahan dapat menghantarkan panas ke air kolam.

Pompa kolam ikan koi luar lebih susah dipasang karena berada di luar area kolam ikan, lalu disambungkan ke kolam menggunakan selang atau pipa. Keunggulan dari pompa ini adalah air di dalam tetap dingin karena tidak ada media untuk menghantarkan panas dari mesin pompa.


2. Memperhatikan Aliran Yang Diinginkan

Hal ini juga menjadi pertimbangan untuk Anda dalam memilih kapasitas atau daya dorong dari mesin pompa kolam ikan koi dengan menyesuaikan volume kolam kita. Semakin besar volume kolam maka akan semakin besar kebutuhan pompa yang harus kita siapkan 

3. Menyesuaikan Besarnya Kolam

Ukuran, bentuk dan volume kolam koi dapat memudahkan kita dalam menentukan jenis pompa kolam ikan koi yang cocok. Dengan menghitung dalam kurun waktu 1jam, semua air harus melewati filter sebanyak empat kali. Jadi, jika memiliki kolam ikan dengan kapasitas 6000 liter maka Anda dapat memilih filter kolam ikan dengan tingkat perputaran 6000 liter/jam.

4. Memperhatikan letak Pompa kolam

Kita ketika akan meletakkan mesin pompa kolam harus sudah dipikirkan sebelum memilih jenis pompa kolam. Lalu, pertimbangkan juga letak sistem filter kolam apakah di dasar atau sisi berbeda. Pastikan jarak total kolam agar dapat meletakkan pompa air dengan tepat. Dengan begitu, kita tidak akan sulit melakukan perawatan 

5. Pilihlah Pompa kolam yang Hemat Listrik

Daya listrik menjadi permasalahan penting bagi penghoby ikan koi untuk itu dalam memilih pompa kita harus memperhatikan, konsumsi daya pompa kolam kita, jangan sampai bisa memakan daya besar. Untuk menghindari membengkaknya budget listrik bulanan karena kolam kita, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih pompa air kolam ikan yang membutuhkan daya listrik rendah.


demikian semoga bermanfaat

Ikikoiku

No comments for "5 TIPS MEMILIH POMPA KOLAM IKAN KOI"