Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Koi Cepat Besar


Berikut ini beberapa tips untuk mempercepat pertumbuhan koi  :


1. Mutu Pakan

Ini adalah faktor dominan yang sangat mempengaruhi kecepatan pertumbuhan koi anda. Bila anda ingin agar koi anda cepat tumbuh besar, pilihlah pakan yang mengandung zat-zat yang diperlukan koi dalam pertumbuhannya. Koi membutuhkan makanan yang mengandung protein tinggi untuk pertumbuhan badannya.

Oleh sebab itu, gunakan jenis pakan yang memiliki kadar protein tinggi atau yang biasa dikenal dengan pakan hi gro. Pakan jenis ini yang mengandung protein lebih dari 40 % dan banyak dijual dengan berbagai merk, tapi tentu harganya jauh lebih mahal daripada pakan pelet biasa apalagi yang termasuk jenis pakan impor.

Contoh komposisi pakan koi bermutu tinggi (HI GRO). Mengandung protein lebih dari 42 %

2.Pola Makan

Untuk diketahui bahwa, koi tidak memiliki lambung di dalam susunan organ pencernaannya. Oleh sebab itu, bila koi  makan dalam jumlah yang banyak, maka tentu banyak pula yang terbuang sia-sia sebagai kotoran. Agar pemberian pakan dapat efektip diserap oleh tubuh koi sehingga koi cepat besar, maka berilah pakan secukupnya saja, yaitu  2 % dari berat tubuhnya per hari. Anda tentu bisa memperkirakan sendiri, berapa jumlah koi yang ada dan berapa total berat mereka. Ambil kalkulator, kemudian kalikan dengan 2 %. Itulah berat maksimum pakan yang bisa anda berikan per hari.

Cara pemberian pakan agar koi cepat besar, sebaiknya sesering mungkin, tapi dalam jumlah yang sesedikit mungkin. Jangan memberikan pakan dalam jumlah banyak sekaligus. Sebab selain terbuang sia-sia, juga akan mencemari kolam anda. Berikan pakan setidaknya dalam frekuensi 3 kali sehari (pagi, siang, sore) dan jangan dibiasakan pemberian pakan pada malam hari. Sebab pada malam hari, metabolisme koi tidak bekerja secara maksimal.

3. Intensitas Sinar Matahari

Bila kolam anda berada di dalam rumah (indoor ponds), yang sama sekali tidak terkena sinar matahari, atau intensitas sinar matahari relatip rendah, maka pertumbuhan koi anda juga tidak bisa maksimal, jika dibandingkan dengan koi yang berada di luar rumah (outdoor ponds) Sebagaimana kita ketahui, sinar matahari sangat dibutuhkan oleh semua makhluk  hidup, termasuk koi untuk pertimbuhannya dan juga dalam rangka  mengganti sel-sel yang rusak.

Oleh sebab itu, bila masih memungkinkan, usahakan untuk menambah intensitas matahari agar dapat masuk ke kolam anda.  Bisa juga dengan cara membangun atap yang fleksible, yang dapat dibuka-tutup sesuai keperluan. Atap seperti ini sangat praktis digunakan. terutama jika anda ingin mengatur intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam kolam. Dan ketika musim hujan tiba, juga berfungsi untuk menahan curah hujan yang berlebihan.

4. Suara gemericik air

Kolam yang tenang atau tidak banyak terdapat suara percikan air, membuat koi juga berenang dengan tenang. Bila kolam koi anda terlalu tenang airnya, maka koi anda juga kurang agresif. Koi yang bergerak agresif, memiliki nafsu makan yang besar,

Oleh sebab itu, jika air kolam anda relatif tenang/diam, maka yang dapat dilakukan adalah membuat semacam percikan air tambahan yatu dengan menambah pompa atau membuat aliran air dari dalam filter dan menyemprotkannya di atas permukaan air kolam anda. Tujuannya adalah untuk menambah gerakan air atau arus dan bunyi gemericik air. Cara ini terbukti efektip untuk membuat koi anda bergerak lebih lincah.

Mengenai hal ini pernah dilakukan penelitian di Jepang, dan hasilnya bahwa kolam yang ada gemericik air, membuat koi bergerak lebih lincah dibandingkan dengan kolam tanpa adanya suara gemericik air.

Secara naluriah,  mungkin koi menganggap percikan air yang ada adalah sebagai tempat dimana banyak tersedia makanan disana.

Penambahan arus kolam, selain menambah suara gemericik air, juga berfungsi sebagai aerator untuk menambah pasokan oksigen dalam air kolam.

5. Kedalaman air kolam.

Bagi anda yang memiliki kolam dangkal atau cetek, membuat pertumbuhan koi anda relatif lambat. Bahkan seringkali ditemui koi yang tampak bogel (pendek) dan hanya besar di bagian perutnya saja., sedangkan badannya tidak bertambah panjang.

Namun demikian, hal ini kemungkinan juga sangat dipengaruhi faktor genetik dari masing-masing koi. Bila ada koi hasil keturunan dari induk yang panjang, meski ditempatkan di kolam cetek sekalipun, juga akan cepat besar dan panjang.

Oleh sebab itu, untuk membuat koi anda cepat besar dan panjang secara normal. maka usahakan kedalaman koi anda tidak kurang dari 50 cm, atau idealnya 1,2 meter.

Koi yang ditempatkan di dalam kolam yang lebih dalam, maka tentu akan lebih bisa tumbuh secara normal, dibandingkan bila berada di dalam kolam yang dangkal atau cetek.

6.Populasi Koi

Koi yang terlalu banyak dipelihara di dalam satu kolam, menyebabkan persaingan yang sangat ketat dalam perebutan pakan. Oleh sebab itu, dalam memelihara koi sebaiknya tidak perlu terlalu banyak, tetapi lebih mengutamakan kualitasnya.

Mengapa? Sebab bila koi anda terlampau banyak, maka tentu ada sebagian koi yang tidak memperoleh pakan yang sesuai dengan kebutuhannya. Dan sebagian lagi terlalu banyak makan. Sedangkan  koi yang berkualitas, biasanya justru yang susah makan.

Jumlah Koi yang terlalu padat, dapat menghambat pertumbuhan sebagian koi yang ada

Bila anda menggunakan pakan berkualitas tinggi dan mahal harganya, maka anda harus benar-benar selektip dalam memilih koi yang dipelihara, sebab koi yang bagus dan yang kurang baik mutunya, jumlah kebutuhan pakannya adalah sama.

Jadi, efektifitas pemberian pakan yang anda berikan dapat memberi manfaat yang maksimal untuk perkembangan koi yang berkualitas saja. Dengan demikian maka pertumbuhan koi anda akan optimal

Post a Comment for "Cara Membuat Koi Cepat Besar"